Sunday, May 29, 2016

[REVIEW] Jenny Han’s Duology: To All The Boys I’ve Loved Before and P.S I Still Love You


Enough with the Korean shows-related post, sekarang kembali lagi aku review buku yang sudah selesai aku baca. Kali ini adalah buku karya Jenny Han, To All The Boys I’ve Loved Before dan sequel-nya, P.S I Still Love You. Sebelumnya aku sudah pernah membahas soal buku To All The Boys I’ve Loved Before di post aku sebelumnya, kalian bisa klik disini. Kalau kalian sudah baca post aku tersebut, pasti kalian tau seberapa cintanya aku sama buku itu. Terlepas dari plot-nya yang sederhana dan terkesan cheesy, tulisan Jenny Han yang mudah namun tidak murahan membuat aku cinta banget sama buku ini.

Ternyata nggak lama kemudian, buku keduanya muncul. Aku sudah lama banget naksir buku P.S I Still Love You ini, tapi semenjak harga buku import itu pada naik, aku jadi mikir-mikir. Karena untuk buku young adult dengan harga tersebut kayaknya nggak worth it aja, karena cuman beda sedikit sama harga buku new adult, dan aku juga bukan orang yang suka baca e-book, particularly for free. Setelah hitungan bulanan naksir, akhirnya kesampean juga beli buku ini!

Yang pasti, buku P.S I Still Love You ini nggak akan bisa kamu baca kalau kamu belum baca buku sebelumnya. For the full synopsis, click here. Long story short, buku ini lebih cheesy lagi plot-nya dari buku yang sebelumnya. Buku ini melanjutkan kisah romantis si dua karakter utama, terus ditambah dengan kehadiran laki-laki lain yang juga dikirimkan surat yang sama oleh Lara Jean.

Buku kedua ini banyak banget yang aku nggak suka, kayak ‘unrealistic small world’, terus mean girls dan rebutan perempuan khas US drama, pokoknya all things inside seem so unrealistic in my opinion. Tapi yang aku suka, momen klimaksnya lebih terasa disini. You know like when you read something you get those ticklish feelings through your body (I don’t know if it makes sense), menurut aku lebih terasa di buku kedua ini, sayangnya cuman sebentar dan cuman sekali, itu juga di belakang-belakang, like you have to keep flipping through the pages until you find those climax. Jadi sedikit bosan.

However, karena aku suka banget buku pertama, jadi aku punya ekspektasi tinggi terhadap yang kedua. Walaupun nggak sebagus yang pertama, tapi karena ini karya Jenny Han, aku jadi merasa harus beli dan nggak merasa nyesel baca. Menurut aku, kalian tetap harus baca buku yang pertama. Sebetulnya buku yang kedua itu optional sih, karena nggak terlalu memberi pengaruh terhadap ending dari buku yang pertama. But the second book looks so cool on your shelf tho, cover-nya lucu banget!

To All The Boys I’ve Loved Before
Rate: 4.2/5
P.S I Still Love You:
Rate: 3.8/5


XX

No comments:

Post a Comment