Monday, January 25, 2016

[REVIEW] Reading Another Local Book: Ika Natassa's Antologi Rasa




Belum lama ini aku beli buku dari pengarang Indonesia, yaitu Ika Natassa. Aku sebelumnya belum pernah baca review soal buku ini, but once my friend recommended me this book. Akhirnya aku memutuskan untuk beli buku yang judulnya Antologi Rasa.

Sedikit sharing sebelumnya, jadi aku ini jarang banget baca buku lokal lagi. Dulu aku rajin banget beli buku lokal, tapi sekarang belum ketemu lagi pengarang yang bukunya bagus-bagus. Pada dasarnya alasan aku nggak lagi beli buku lokal adalah, entah plotnya yang terlalu cheesy (alias terlalu FTV) atau bahasanya yang terlalu puitis (say I’m lame!). Aku pernah beli salah satu buku pengarang Indonesia yang writing style-nya out of the box banget deh! Tapi bukan kagum sama tulisannya, aku justru merasa bingung sama poin ceritanya. Aku lebih suka buku yang memang light tapi plotnya juga nggak biasa.

Okey, sedikit cerita di atas, akhirnya keputusan aku jatuh pada Antologi Rasa. Jadi pada dasarnya ini cerita tentang cinta segi banyak (and yeap, bukan segitiga lagi tapi lebih kompleks!). Memang sih for some reason aku kurang suka sama buku lokal yang selalu mengagung-agungkan sosialita, artinya, banyak dari buku lokal yang karakternya dibuat hidup mewah dan sebagainya. Tapi buku ini lebih menceritakan bahwa love could happen with anybody, anytime at any place. Yang menarik dari buku ini adalah bagaimana Ika Natassa menceritakan dari sudut pandang karakter yang berbeda-beda.

Writing style dari Ika Natassa ini menarik, bisa bikin ketawa dan di otak langsung kebayang gimana sifat dan gaya bicara dari karakter itu sendiri. Nggak terlalu puitis, tapi juga nggak terlalu remaja. Oh and anyway, this book won’t suitable for younger readers. Aku suka ceritanya yang ringan sih, namun memang, plotnya masih agak terlalu biasa. Maksudnya, mungkin ada puluhan cerita serupa dengan pengarang yang berbeda. Cuman memang buku ini dikemas dengan cerita yang lebih dewasa.

Overall, aku suka sama buku ini, walaupun ini nggak lantas membuat aku menjadikan Ika Natassa sebagai Indonesian author favorit aku, tapi membuat aku jadi penasaran juga sama buku dia yang lain.

Rate: 3.5/5

XX

No comments:

Post a Comment